Kabar NasionalKabar DaerahKabar ParlemenKabar Karya KekaryaanKabar Sayap GolkarKagol TVKabar PilkadaOpiniKabar KaderKabar KabarKabar KabinetKabar UKMKabar DPPPojok Kagol Kabar Photo
Share :
Dunia Serba Digital, Iman adalah Kunci
  Nyoman Suardhika   24 Mei 2021
Credit Photo / Facebook

Oleh : H. RUDY MASUD, SE., ME

Kabargolkar.com - 
Digitalisasi di
semua lini kehidupan manusia adalah suatu keniscayaan yang harus kita hadapi di era serba tekhnologi modern sekarang ini. Mau tidak mau, suka atau tidak suka dan siap atau tidak siap, era digital sudah di depan mata. Kita harus bisa! Bisa menjadi tuan bagi teknologi dalam genggaman kita.

Dunia yang serba digital dalam segala perangkat dan kita gunakan sehari-hari saat ini menjadikan semuanya menjadi lebih mudah dan praktis, cepat dan hemat. Segala hal yang kita mau, mudah terjangkau. Segala hal yang kita cari, praktis ada. Segala hal yang kita perlukan, cepat tersedia. Segala hal yang ingin kita beli, harga hemat. Singkatnya, digitalisasi mendobrak batas-batas ruang dan waktu, menerabas batas-batas wilayah. Tanpa sekat, menjadi semakin dekat.

Digitalitasi juga membuat akses komunikasi dan informasi menjadi bebas. Platform media sosial semakin beragam, beraneka macam jenis dan tipikalnya. Mau yang hiburan, banyak. Mau yang isinya gaya hidup, ada pilihan. Mau yang suka macam-macam kulineran, serba variasi ada. Update berita politik, ekonomi, budaya, olahraga sampai isu-isu sensitif bisa kita nikmati dengan sekali “klik” saja. Digitilisasi seolah menyampaikan pesan: semua serba ada, silakan pilih!

Bagi generasi millennial dan anak-anak muda zaman sekarang, tidak mau dibilang “gaptek” kalau tidak eksis di media sosial. Sebuah kenyataan. Generasi muda adalah sasaran empuk derasnya arus informasi digital melalui berbagai platform tersebut, seiring dengan mudahnya mereka mendapatkan perangkat telepon genggam. Bahkan, handphone mereka pun semakin canggih-canggih mengalahkan HP orang tuanya sekalipun! Semua aplikasi populer yang tengah hits di kalangan anak muda, pasti diunduhnya. Mulai aplikasi game, aplikasi edit foto sampai aplikasi viral semacam TikTok, BigoLive dan sebagainya.

Digitalisasi pun membawa konsekuensi. Bagi generasi muda “zaman now”, HP adalah candu. Semua aplikasi yang ada di perangkatnya selalu bikin kecanduan. Dan sering sekali mereka menjadi lupa waktu karena terlalu asyik dengan gadget-nya. Sudah menjadi tren di kalangan remaja kita saat ini. “Gak eksis, gak asyik”. Begitu yang sering kita dengar nyinyiran di mereka.

Namun, satu hal yang selalu saya katakan dimana-mana, fenomena ini bisa menjadi "pedang bermata dua". Menurut laporan dari perusahaan media asal Inggris, We Are Social, mengungkapkan dalam laporannya yang berjudul "Digital 2021: The Latest Insights Inti The State of Digital" yang diterbitkan pada 11 Februari 2021. Laporan itu berisi hasil riset mengenai pola pemakaian media sosial di sejumlah negara termasuk di Indonesia.

Rata-rata orang Indonesia menghabiskan tiga jam 14 menit sehari untuk mengakses media sosial. Dari total populasi Indonesia sebanyak 274,9 juta jiwa, pengguna aktif media sosialnya mencapai 170 juta. Jumlah pengguna media sosial di Indonesia sama dengan 61,8 persen dari total populasi pada Januari 2021. Angka ini juga meningkat 10 juta, atau sekitar 6,3 persen dibandingkan tahun lalu.

Dari data ini, dapat disimpulkan bahwa pengguna sosial media di Indonesia sangat besar. Bukan angka yang main-main

Kabar Golkar adalah media resmi Internal Partai Golkar. kami memberikan layanan media online, media monitoring dan kampanye digital politik untuk Partai Golkar dan seluruh kadernya.
About Us - Advertise - Policy - Pedoman Media Cyber - Contact Us - Kabar dari Kader
©2022 Kabar Golkar. All Rights Reserved.