02 Juni 2020
Ace Hasan Minta Kemenag Evaluasi Penutupan Layanan Nikah
  Muhammad Said
  09 April 2020
  • Share :
Prosesi akad yang biasanya menggunakan jabat tangan diganti dengan tali berwarna putih. (Anggi Fridianto/Jawa Pos Radar Jombang)

kabargolkar.com, JAKARTA - Selama masa pandemi virus corona atau Covid-19, Kementerian Agama hanya melayani pencatatan nikah di Kantor Urusan Agama. Menteri Agama Fachrul Razi memastikan bagi calon pengantin yang telah menyetor biaya nikah di luar KUA ke kas negara sebesar Rp 600 ribu, dapat mengajukan pengembalian.

Fachrul Razi juga menyatakan saat ini calon pengantin hanya dapat mengajukan pendaftaran pencatatan nikah secara online, melalui laman simkah.kemenag.go.id.

"Pelaksanaan pencatatan nikah setelah tanggal 1 April 2020 ditiadakan. Bagi catin yang ingin mendaftarkan pencatatan nikah tetap dapat melakukan pendaftaran secara daring dan pelaksanaan akad nikah tidak dalam masa COVID-19. Berarti akan dilayani setelah selesai masalah wabah COVID-19," ujar Menag saat rapat virtual dengan Komisi VIII DPR RI, di Jakarta, Rabu (8/4/2020).

Selain itu, layanan di KUA kecamatan akan ditiadakan. Hal itu dilakukan untuk mengurangi potensi kontak jarak dekat dan menciptakan kerumunan.

"Layanan di KUA kecamatan seperti bimbingan perkawinan bagi catin, konsultasi perkawinan, bimbingan manasik, dan bimbingan keagamaan lainnya yang berpotensi menjalin kontak jarak dekat sera menciptakan kerumunan ditiadakan," terang Fachrul.

Sementara itu, Wakil Ketua Komisi VIII DPR RI Ace Hasan Syadzily meminta Kemenag mempertimbangkan kebijakan penghentian pencatatan nikah tersebut. Politisi Golkar itu mengusulkan prosesi akad nikah sebetulnya tetap bisa dilakukan di tengah masa pandemi ini dengan menjaga jarak antara pasangan, wali dan saksi.

"Kemenag sebaiknya mempertimbangkan penghentian pencatatan nikah. Prosesi akad nikah sebetulnya tetap bisa dilakukan dengan tetap menjaga jarak aman antara pasangan, wali dan saksi," kata Ace. [fajar]

Komentar
Tulis Komentar
Kode Acak
Menyajikan berita terhangat dan terpercaya langsung melalui handphone anda
© 2020 Kabar Golkar. All Rights Reserved.