Kabar NasionalKabar DaerahKabar ParlemenKabar Karya KekaryaanKabar Sayap GolkarKagol TVKabar PilkadaOpiniKabar KaderKabar KabarKabar KabinetKabar UKMKabar DPPPojok Kagol Kabar Photo
KABAR KADER
Share :
Fraksi Golkar Pohuwato Minta Pemda dan PT IGL Perjelas MoU Investasi Demi Hindari Perselisihan
  Bambang Soetiono   23 Desember 2021

kabargolkar.com, POHUWATO - Fraksi Golkar DPRD Kabupaten Pohuwato meminta pemerintah daerah memperjelas apa yang dituangkan dalam kerja sama atau MoU dengan PT Inti Global Laksana (IGL) terkait pengalihan usaha perkebunan kepala sawit menjadi biomassa.

Menurut Ketua Fraksi Golkar DPRD Kabupaten Pohuwato, Al’amin Uduala, hal itu penting untuk menghindari masalah di kemudian hari. “Artinya, kita ingin bermasalah di awal. Jangan nanti di belakang kaitan dengan perusahaan ini yang tadinya perusahaan sawit kemudian beralih komoditi ke tanaman kaliandra sama gamal,” katanya, Selasa (21/12/2021).

Seharusnya, kata Amin, pihak perusahaan memberikan kejelasan terlebih dahulu terkait persoalan regulasi yang mengatur berapa persen bagian ke masyarakat, daerah dan lain sebagainya.

“Jangan kemudian setelah perusahaan ini eksis kemudian kita bicara itu. Karena rata-rata persoalan sawit kemarin saja bagaimana. Sampai dengan saat ini sudah mau 15 tahun persoalan sawit di Pohuwato belum ada pabriknya. Masyarakat plasma saja masih banyak yang mengeluh,” ucap Amin.

“Nah, apalagi ini tadi disampaikan untuk masyarakat, untuk plasma, nanti empat tahun ke depan. Perusahaan pun masih bingung dengan konsepnya seperti apa. Ini harus diklirkan lebih awal. Jangan nanti setelah pohon-pohon kita sudah ditebang kemudian kita bicara investasi,” sambungnya.

Amin menegaskan, pihaknya tidak hendak mempersoalkan izin dari perusahaan tersebut, sebab hal itu merupakan kewenangan dari pemerintah pusat. Tetapi, kata dia, yang menerima dampak dari perusahaan itu adalah masyarakat yang ada di Pohuwato .

“Kita setuju, tidak ada masalah mau investor apapun yang masuk ke daerah ini. Tetapi harus jelas dan kita tahu dampak terhadap masyarakat. Dampak lingkungan seperti apa. Kan tidak mungkin serta merta mengantongi izin dari amerika kemudian datang begitu saja di daerah kita,” tegasnya.

Amin mengaku hingga saat ini masih terus didatangi oleh masyarakat plasma yang berhubungan dengan masalah sawit. “Nah kita tidak ingin terjadi seperti itu. Apalagi sesuai dengan pemaparan tadi belum ada kejelasan,” kata dia.

Kabar Golkar adalah media resmi Internal Partai Golkar. kami memberikan layanan media online, media monitoring dan kampanye digital politik untuk Partai Golkar dan seluruh kadernya.
About Us - Advertise - Policy - Pedoman Media Cyber - Contact Us - Kabar dari Kader
©2023 Kabar Golkar. All Rights Reserved.