17 Januari 2021
MoU Dengan China, Menko Luhut Sambut Baik Investasi dari China
  Nyoman Suardhika
  14 Januari 2021
  • Share :
Credit Photo / Kementerian Perdagangan

Kabargolkar.com - Pemerintah Indonesia dan China telah menandatangani kesepakatan kerja sama (MoU) di berbagai bidang strategis. Antara lain kesediaan untuk bekerja sama dengan Indonesia dalam penyediaan vaksin Covid-19, proyek ekonomi besar, pengembangan digital dan keamanan laut.

Penandatangan kesepakatan tersebut telah diteken pada Selasa (12/1/2021) kemarin, di Parapat, Sumatera Utara.

Menteri Koordinator Bidang Investasi dan Kemaritiman, Luhut Binsar Pandjaitan yang meyaksikan penandatangan oleh wakil menteri perdagangan Jerry Sambuaga, mewakili Pemerintah Indonesia dalam penandatanganan MoU dengan Menteri Luar Negeri China Wang Yi bersama delegasinya.

Dalam sambutannya ke media, Luhut menerangkan bahwa Indonesia bersedia bekerja sama dengan pihak China untuk mempercepat pembangunan yang termasuk di dalam OBOR, dan mendorong kemajuan proyek-proyek besar seperti kereta cepat Jakarta-Bandung dan kawasan industri.

"Indonesia juga menyambut baik peningkatan investasi dari China dan juga menantikan bisnis kendaraan listrik dari China," kata Luhut.

Indonesia juga berkeinginan untuk memperkuat keamanan siber dan kerja sama maritim dengan China, mendorong perdagangan bilateral, mempromosikan ekspor produk pertanian dan perikanan RI ke China, dan memperdalam kerja sama keuangan.

Komentar
Tulis Komentar
Kode Acak
Menyajikan berita terhangat dan terpercaya langsung melalui handphone anda
© 2020 Kabar Golkar. All Rights Reserved.