Kabar NasionalKabar DaerahKabar ParlemenKabar Karya KekaryaanKabar Sayap GolkarKagol TVKabar PilkadaOpiniKabar KaderKabar KabarKabar KabinetKabar UKMKabar DPPPojok Kagol Kabar Photo
KABAR KADER
Share :
Capres Prabowo Puji Mentan Amran, Legislator Golkar Komisi IV DPR RI : Dia Berani Kotor
  Nyoman Suardhika   21 Februari 2024
Gredit Photo / Tribunnews

Kabargolkar.com - Capres 02 Presiden Prabowo Subianto menyatakan, Andi Amran Sulaiman masuk radar calon menteri pertanian (mentan) periode 2024-2029.

Dalam penilaiannya, Amran merupakan figur yang mampu membangun sektor pertanian sangat luar biasa dan membawa Indonesia mencapai swasembada.


Merespon hal tersebut, anggota Komisi IV DPR RI Fraksi Golkar Firman Soebagyo tidak heran, jika Amran masuk dalam ja­jaran kabinet di Pemerintahan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming.

Sebab, seorang menteri pertanian memang harus paham sektor pertanian. Dan lebih penting dari itu, dia harus berani kotor dalam arti yang positif.


"Ya karena yang namanya pertanian kan identik dengan sawah, dengan lahan, ya dia harus berani kotor. (Tapi) Ko­tor itu konotasinya bukan kotor menjadi koruptor. Tapi kotornya itu kakinya harus berani kena lumpur dan kena air. Itu filoso­finya,” kata Firman, Selasa, (20/2/2024).

Karena itu, sambung Legislator Golkar ini, kriteria mentan ke depan, adalah figur yang benar-benar paham tentang masalah pertanian. Namun, paham pertanian ini bukan hanya mengetahui cara pemenuhan terhadap ma­salah pangan, kesediaan pangan, tapi bagaimana mendorong petani meningkatkan produksi pangan nasional. Jadi, amanat Undang-Undang Nomor 18 Tahun 2012 tentang Pangan yang mengamanahkan agar swasembada pangan menuju ke kedaulatan pangan bisa terwujud.

"Ini yang menjadi landasan utama. Sebab, pangan merupak­an amanat konstitusi, dan pangan itu adalah hak asasi manusia,” tegasnya.

Firman menegaskan, pemenu­han pangan merupakan hal yang sangat fundamental. Apalagi pada tahun 2030 nanti, jumlah populasi masyarakat Indonesia nanti pada tahun 2030 bakal tembus mencapai 300 jutaan penduduk.

“Semua ini harus dipenuhi pangannya, dan tentunya dari produk pangan dalam negeri, bukan impor,” tambahnya.

Sebelumnya, calon Presiden terpilih Prabowo Subianto me­nilai Mentan Andi Amran Su­laiman masuk sebagai kriteria menteri pada kabinet pemerin­tahannya.

Hal tersebut diungkapkannya saat memberikan sam­butan pada acara Pembinaan Penyuluh Pertanian dan Petani serta Food Estate Partisipatif di Kabupaten Sumedang, Selasa (30/1/2024).

Kabar Golkar adalah media resmi Internal Partai Golkar. kami memberikan layanan media online, media monitoring dan kampanye digital politik untuk Partai Golkar dan seluruh kadernya.
About Us - Advertise - Policy - Pedoman Media Cyber - Contact Us - Kabar dari Kader
©2023 Kabar Golkar. All Rights Reserved.