26 September 2020
DPR: Harusnya Menkes Mengedukasi, Bukan Salahkan Masyarakat yang Beli Masker
  Nyoman Suardhika
  18 Februari 2020
  • Share :
Menteri Kesehatan, Terawan Agus Putranto (Photo/Detik)

Kabargolkar.com - 

Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto menilai harga masker mengalami lonjakan karena diburu masyarakat setelah munculnya virus Corona. Pernyataan Terawan tersebut dinilai justru malah menyalahkan masyarakat yang membeli masker untuk menghindari wabah corona. 

Menanggapi hal itu, Anggota Komisi IX DPR RI Yahya Zaini menilai pernyataan Menkes tersebut sangat tidak bijak.

"Menurut saya pernyataan Menkes tersebut sangat tidak bijak. Penggunaan masker merupakan salah satu cara yang dianjurkan untuk menghindari wabah corona, termasuk oleh WHO," kata Yahya saat dihubungi redaksi Kabargolkar.com, Senin (17/2/20).

Menurut Yahya, masyarakat tentu sangat khawatir dengan virus corona tersebut, mereka tidak ingin sampai terinfeksi dengan wabah mematikan yang telah menewaskan ribuan orang itu.

"Masyarakat tentu khawatir dengan wabah tersebut, sehingga berusaha untuk mencari masker supaya bisa beraktivitas seperti biasa," terang Politikus Golkar itu.

Dia menjelaskan, jika permintaan pasar membludak seketika, sementara persediaan tidak bertambah, maka akan terjadi kekurangan suplay dan harga akan melambung tinggi alias meningkat tajam. Bahkan, kata dia, sekarang bukan hanya harga tinggi, tapi barang sudah langka.

"Seharusnya Menkes memberikan edukasi kepada masyarakat secara massif bagaimana menghindari wabah corona, bukan justru menyalahkan masyarakat," tegasnya.

"Tugas negara dan pemerintah adalah melindungi, mengayomi, dan mendidik warganya," tandasnya.

Sebelumnya, Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto mengatakan, harga masker melambung tinggi karena diburu masyarakat setelah munculnya virus Corona.

"Salahmu sendiri kok beli ya," kata Terawan di Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta, Sabtu (15/2/20) lau.

Menurut Terawan, orang yang sehat tidak perlu menggunakan masker untuk mengantisipasi virus.

Komentar
Tulis Komentar
Kode Acak
Menyajikan berita terhangat dan terpercaya langsung melalui handphone anda
© 2020 Kabar Golkar. All Rights Reserved.