23 Februari 2020
Golkar - Demokrat - Gerindra Siap Usung Gibran di Pilkada Solo
  Bambang Soetiono
  14 Februari 2020
  • Share :
Gibran Rakabuming Raka. (Foto: Kompas.com/Deti Mega Purnamasari)

kabargolkar.com, JAKARTA - Ketua DPP Partai Golkar, Ace Hasan Syadzily menegaskan partainya siap mendukung putra Presiden Joko Widodo (Jokowi), Gibran Rakabuming Raka di Pilkada Solo 2020. Diketahui memang sejak awal Golkar telah memiliki minat untuk mengusung Gibran menjadi calon Wali Kota Solo 2020. Bahkan jauh sebelum Gibran mendaftarkan ke PDIP.

"Kami tetap akan merekomendasikan Gibran," ujarnya yang dilansir dari YouTube Kompas tv, Kamis (13/2/2020). Lebih lanjut, Ace Hasan menjelaskan pertimbangan Golkar dalam mengambil keputusan tersebut.

Menurut hasil survei yang dimiliki Golkar menunjukkan adanya potensi elektabilitas Gibran yang tinggi. Sehingga berpotensi memenangkan pemilihan calon Wali Kota Solo 2020. "Yang menjadi pertimbangan adalah hasil survei," kata Ace Hasan. "Kami sudah memiliki hasil survey yang menunjukkan potensi elektabilitas Gibran sangat tinggi," jelasnya.

Ace menegaskan meskipun nantinya Gibran tidak mendapatkan rekomendasi dari PDIP, partainya akan tetap mengusung Gibran. "Oleh karena itu dengan atau tanpa rekomendasi PDIP, Golkar juga punya rekomendasi sendiri," ujarnya.

Begitu juga sebaliknya, jika nantinya Gibran diusung PDIP, maka Golkar akan siap merapat ke partai dengan lambang kepala banteng tersebut. "Ya tentu jika kita bisa bersama-sama akan bagus," tegasnya.

Hal senada juga diungkapkan oleh Wakil Ketua Umum Partai Golkar, Ahmad Doli Kurnia. "Tetap mengusung Gibran (jika PDI-P tidak mengusung)," ujarnya yang dikutip dari Kompas.com.

Doli mengaku telah melakukan komunikasi dengan partai lain terkait pencalonan Gibran ini. Ia berharap Gibran bisa tetap maju di Pilkada Solo dengan diusung partai-partai lain. "Sudah ada penjajakan dengan beberapa partai lain untuk memberikan dukungan yang sama," kata Doli.

Demokrat Dukung Gibran Tanpa Syarat di Pilkada 2020

Selain Gerindra, Partai Demokrat juga tertarik untuk mendukung Gibran dalam Pilkada Kota Solo 2020. Ketua DPC Partai Demokrat Surakarta, Supriyanto menuturkan dukungannya ini tak lepas dari restu Ketua Umum (Ketum) Demokrat, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY). Restu tersebut sudah disampaikan secara lisan ke Ketua DPD Partai Demokrat Jawa Tengah.

Supriyanto mengaku DPC dengan DPD juga sudah menjalin komunikasi dengan DPP partai. "Kami konsisten sejak awal terkait dukungan kepada Mas Gibran," tegasnya yang dikutip dari Kompas.com.

Adapun alasan Partai Demokrat mendukung Gibran karena putra sulung Jokowi ini sosok anak muda. Diharapkan program yang nantinya ia buat dapat dengan cepat berjalan dan sesuai sasaran. "Kami mendukung tanpa syarat," kata Supriyanto.

"Dalam konteks kami ingin sebuah pemerintah yang fresh," imbuhnya.

Ketua Umum Gerindra Berikan Arahan untuk Dukung Gibran Rakabuming

Sebelumnya Wakil Ketua Umum Gerindra, Sufmi Dasco Ahmad mengatakan Ketua Umumnya Prabowo Subianto telah memberikan arahan untuk mendukung Gibran Rakabuming Raka. Meski demikian Partai Gerindra masih menunggu proses terkait dukungan partai dalam Pilkada Solo. "Ya, nanti itu kewenangan sepenuhnya di badan seleksi untuk menentukan koalisi dengan siapa," ujarnya.

"Ya, kalau soal dukung mendukung ya, kami juga sudah ada arahan untuk mendukung," imbuhnya dilansir melalui YouTube tvOneNews, Kamis (13/2/2020).

Senada dengan Golkar, Dasco menyebut Gibran memiliki tingkat elektabilitas tinggi dalam pemilihan calon wali kota Solo. "Kalau dari internal informasi sementara calon kuat masih bersangkuatan," kata Dasco.

"Sedang dalam proses, proses dari DPC, DPD ke DPP. Jadi proses-proses rekomendasi Pilkada tidak menunggu partai lain tapi kita juga berproses untuk sampai ke DPP," jelasnya.

Sebelumnya, Gibran telah memberikan respons terkait dukungan yang diberikan oleh sejumlah partai terhadap dirinya yang akan maju di Pilkada Solo 2020. Gibran mengaku menyambut baik dukungan tersebut dan mengucapkan rasa terima kasihnya. Meski demikian, Gibran mengaku saat ini tengah fokus dalam menunggu keputusan rekomendasi DPP PDI-P untuk maju di Pilkada Kota Solo 2020.

 

Komentar
Tulis Komentar
Kode Acak
Menyajikan berita terhangat dan terpercaya langsung melalui handphone anda
© 2020 Kabar Golkar. All Rights Reserved.